Thursday, September 17, 2009

24:00

Suatu jawaban klasik yang sering kita dengar adalah “Saya Tidak Punya Waktu”. Tapi apakah benar kita tidak punya waktu atau kita yang tidak dapat memanfaatkan waktu.

Pernahkah kamu merasa ingin kembali memutar waktu?
Atau pernahkan kamu berpikir waktu itu begitu cepat berputar?
Atau juga pernahkah kamu berpikir apakah kamu udah memanfaatkan waktumu dengan baik dan maksimal?

Waktu berputar sangat cepat tanpa pandang bulu siapapun itu. Tidak terasa waktu begitu cepat berlalu sampai banyak hal yang telah kita rencanakan menjadi terhambat atau bahkan tidak dilakukan sama sekali. 24:00 yang memisahkan antara hari ini dan hari esok.

24:00 juga yang akan membuat waktu terus melangkah maju dan membuat manusia bertambah tua 1 hari..Apakah Rahasia dari 24:00 dan bagaimana kita menyikapinya???

Kita semua diberi anugrah oleh Tuhan YME berupa waktu yang sudah ditentukan lama dan tidaknya. Jatah waktu yang kita miliki tak dapat ditambah atau dikurangi.

Setiap manusia mempunyai waktu yang sama yaitu 24 jam tanpa ada kelebihan waktu sedetik pun. Jadi apa yang membedakan tiap orang? Yang membedakannya adalah bagaimana cara mereka memanfaatkan waktu secara maksimal dan bermanfaat.

Tetapi yang menjadi persoalan bukan lama atau tidaknya kesempatan waktu yang kita miliki, melainkan seberapa pandai kita menggunakan waktu tersebut untuk hal-hal yang bermanfaat bagi diri kita sendiri maupun orang lain dan alam semesta. Waktu adalah anugrah yang sangat berharga, jauh lebih bernilai dibandingkan materi sebesar apa pun. Demikian pentingnya waktu yang tak lain adalah nasib dan kehidupan kita sendiri. Bila kita menyia-nyiakan waktu, sama seperti kita mematikan masa depan dan membunuh diri kita secara perlahan. Oleh sebab itu manfaatkanlah waktu hanya untuk tujuan-tujuan yang positif.

Sebagian orang mampu memanfaatkan waktu untuk melakukan banyak hal positif dan produktif. Di lain pihak, justru menghabiskan waktu dengan tidak melakukan apa-apa. Bahkan bagaimana dengan pihak lain yang malah menghabiskan waktunya untuk hal yang sama sekali tidak bermanfaat.

Waktu mengubah semua hal, kecuali kita. Kita mungkin menua sejalan dengan berjalanannya waktu, tetapi belum tentu membijak. Kita-lah yang harus mengubah diri kita sendiri
Berikut beberapa tips sederhana yang dapat kita lakukan bersama-sama untuk melakukan pengaturan waktu yang lebih baik:

1. Jangan Menunda.

Salah satu kebiasaan buruk kita adalah suka menunda. Suka menunda adalah salah satu penyakit mental manusia, yang diciptakan oleh kita sendiri buah dari kebiasaan-kebiasaan kita.
Saat kita menunda sesuatu, itu berarti memperlambat pencapaian tujuan kita saat ini dan menghalangi kesempatan di masa mendatang. Dalam suatu kondisi waktu beberapa detik saja dapat menentukan nasib seseorang. Cara untuk mencegah penundaan adalah dengan merancang deadline dan targeting untuk tujuan yang harus dicapai.

2. Kenali kegiatan yang kita lakukan.
Memori otak kita mungkin adalah pengingat yang payah, jika ini berhubungan dengan menetapkan bagaimana kita melewatkan waktu. Cara terbaik untuk merekam aktivitas kita sepanjang hari adalah dengan mencatat apa yang kita lakukan. Kebanyakan orang akan menemukan kalau mereka memiliki tiga jam dalam tiap hari yang sebenarnya dapat digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat atau tindakan yang efisien. Kurangi waktu yang kita gunakan
untuk bertelepon, membolak-balik majalah atau surfing di web yang tak menghasilkan apapun, dan batasi kegiatan-kegiatan yang tak terlalu penting.

3. Buat jadwal / agenda kegiatan yang tepat
Dalam memanfaatkan waktu yang efisien, pembuatan
jadwal dalam agenda hidup, akan membantu kita lebih efektif dalam mengelola
waktu dan menghindari dari aktifitas yang kurang bermanfaat.

4. Berkonsentrasi pada hasil
Banyak orang melewatkan waktu mereka sepanjang
hari dengan aktivitas yang super padat, tapi hanya membuahkan yang sedikit hasil. Itu dapat terjadi karena mereka tidak berkonsentrasi pada hal yang benar. Jangan terkecoh antara bekerja secara efisien dan bekerja secara efektif. Beberapa kegiatan dapat membebaskan dari tekanan tapi itu tak mencapai tujuan kita. Contohnya ngeteh, ngopi, chatting dolo..

5. Buat rencana tindakan.
Sebuah rencana tindakan merupakan daftar pendek dari tugas yang harus dilengkapi untuk mencapai sebuah tujuan, dimana fokus utamanya adalah pencapaian tujuan. Jika kita mempunyai tujuan/ keinginan mencapai sesuatu, buat gambaran gamblang dari rencana tindakan, ini akan memberi kita kesempatan untuk lebih berkonsentrasi pada tahap pencapaian itu, dan memonitor kemajuan pencapaian tujuan kita.

6. Merespon dengan cepat
Secepat mungkin menyelesaikannya urusan ketika memungkinkan, lakukan tindakan pada hari yang sama saat Anda menerimanya. Jangan
biarkan pikiran kita jadi terbebani dengan tugas-tugas yang akan bertumpuk.

7. Jadwalkan waktu untuk bersantai
Saat kita mengatur waktu untuk usaha dan rutinitas kita, pastikan menyisihkan waktu untuk bersantai dan menenangkan pikiran.

8. Bersikap tegas pada waktu kita
Dengan beberapa point-point diatas diperlukan kesadaran oleh diri kita sendiri mengenai betapa pentingnya waktu kita. Perlu adanya sikap tegas dalam menjalankan agenda kegiatan kita tersebut. Kecuali ada halangan yang sangat penting sekali yang dapat membuat jadwal kita menjadi sedikit goyah, Usahakan kegiatan yang tidak sempat kita lakukan tersebut dilakukan sesegera mungkin.

Dengan kita bisa memanfaatkan atau mengatur waktu yang ada kita dapat menciptakan peluang yang lebih besar, peluang untuk usaha lebih baik, peluang untuk beribadah lebih baik, peluang untuk kerja lebih baik,peluang untuk melakukan kegiatan yang lebih baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain atau peluang menjadi sukses akan dapat di capai lebih singkat jika kita bisa memanfaatkan waktu

Nikmati waktumu yang masih ada..
Hargai waktumu yang masih tersisa...

Untuk itu, kita harus sebaik mungkin memainkan hidup. Bekerja keras dan terampil menggapai cita-cita, pandai menyusun rencana, , konsisten dalam mengatur waktu,
karena waktu tidak akan bisa berputar kembali, sekali waktu terbuang, tak
kan pernah waktu kembali. Masa depan 24:00 ditentukan oleh kita sendiri. Apa yang kita lakukan saat ini itulah yang akan menentukan masa depan kita.

Share/Save/BookmarkSubscribe

2 comments:

  1. artikel yang luar biasa.. :)
    waktu adalah hal yang sangat berharga..
    waktu yang telah hilang tidak akan bisa dikembalikan lagi barang sedetik pun..
    oleh karena itu, sebaiknya mulai sekarang kita lebih menghargai waktu.. :)

    ReplyDelete
  2. @wellsen

    bener memanfaatkan waktu kita dengan sebaik mungkin akan membuat kita mempunyai lebih bnyak waktu dalam hidup dan untuk berkreasi :)

    ReplyDelete

Silahkan mengirimkan saran,kritik,pendapat tentang artikel ini. Komentar dari anda akan sangat bermanfaat bagi saya.Jadi jangan ragu untuk mengirimkan komentar yah.